Inilah Tambang Garam Berusia 5.000 Tahun di Turki

Percaya atau tidak, ada sebuah tambang garam yang terletak di Turki yang berusia 5.000 tahun dan masih digunakan sampai sekarang?

(images: DialyMail)
Dilihat dari permukaan memang tidak ada yang istimewa tentang pedesaan berbukit di sekitar kota Cankiri di Turki. Namun 1.300 kaki di bawah tanah ada tambang garam yang menakjubkan yang pertama kali digali oleh manusia primitif sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Meskipun usia tambang garam ini sudah sangat tua, tetapi tambang garam ini masih digunakan sampai hari ini dan menghasilkan lebih dari 500 ton garam setiap tahunnya.

Dikutip dari Daily Mail, menurut sebuah survei 1971-1979 masih ada lebih dari 1 miliar ton bijih yang tersisa di tambang ini, yang diekstrak menggunakan mesin dan peledak bawah tanah. Foto-foto ini diambil oleh Melih Sular, ia dipandu oleh Murat Danaci sebagai bagian dari kontes fotografi National Geographic.

"Ketika saya pertama kali memasuki gua garam, aku merasa takut. Saya berpikir, apa yang terjadi jika gua ini runtuh?" kata Melih.

"Gua yang sangat sejuk karena usianya yang sangat tua. Semua dinding terbuat dari batu garam dan tekstur yang bervariasi karena mesin penggali yang digunakan. Saya belum pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya." tambah Melih.

Yang paling mencolok dari bagian gua ini ini yaitu galeri tua, yang digali oleh orang Het. Ini sangat menarik karena orang Het menggali galeri ini menggunakan tangan dengan alat-alat sederhana mereka sendiri, tidak seperti metode hari ini.
Mau Info Bispak