10 Hewan Dengan Strategi Berburu Teraneh

Banyak hewan predator yang menggunakan berbagai macam strategi untuk menangkap mangsanya. Umumnya, hewan predator menggunakan startegi memburu mangsanya berupa gigitan, lilitan, dan sebagainya. Berbeda 10 hewan berikut memiliki strategi berburu teraneh yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

10. Ikan Pemanah

(images: animalwise)
Ikan pemanah atau dikenal dengan sebutan Archerfish memiliki kemampuan untuk menyemburkan atau menembakan air untuk menjatuhkan mangsanya. Ketika serangga sedang berada di batang pohon yang dekat dengan air, ikan pemanah akan langsung menembakan air untuk membuat serangga tersebut jatuh.

9. Lipan Raksasa Amazon

(images: memozee)
Hewan yang memiliki kaki banyak ini menggunakan cakar berbisa untuk membunuh mangsanya. Dengan bisanya tersebut, lipan ini bisa melumpuhkan kelelawar, setelah kelelawar tersebut lemah, lipan ini akan melahap tubuh kelelawar secara keseluruhan dalam waktu 60 menit.

8. Udang Sentadu

(images: thepoelog)
Ukuran panjang hewan ini dapat mencapai 30 sentimeter dan nampak dalam berbagai macam warna dari kecoklatan sampai neon terang. Udang sentadu dipersenjatai cakar kuat yang digunakan untuk memburu mangsanya melalui cara menusuk, membisingkan dan memotong anggota tubuh. Bahkan, beberapa jenis udang sentadu berukuran besar mampu memecahkan kaca akuarium dengan sekali pukulan menggunakan cakar mereka.

7. Laba-Laba Trapdoor

(images: popularmechanics)
Laba-laba ini menggunakan strategi yang cerdas untuk menangkap mangsanya. Berbeda dengan laba-laba lain yang menggunakan jaring untuk menjebak mangsanya, jenis laba-laba ini menangkap mangsanya dari dalam tanah. Sebelum melakukan perburuan, pertama laba-laba trapdoor membuat sebuah lubang, dan menutup lingkaran lubang tersebut dengan ranting atau daun, sehingga terlihat seperti pintu, ketika mangsanya mendekat, laba-laba ini langsung menangkap mangsanya lewat jebakan pintar tadi.

6. Ikan Sungut Ganda

(images: andrewsanimation)
Dikenal juga dengan sebutan Anglerfish, jenis ikan ini umumnya hidup di perairan laut dalam. Untuk menangkap mangsanya, ikan ini menggunakan antena di atas mulutnya untuk menarik mangsanya. Antena tersebut terlihat layaknya sebuah pancingan yang bisa memikat mangsanya datang ke mulut besar ikan ini.

5. Ular Tentakel

(images: exoticpetshop)
Ular ini memiliki tentakel berdaging di moncongnya, yang berfungsi mendeteksi gerakan dalam air dan memangsa ikan yang berada di dekatnya. Kecepatan menyerang dari tentakel ular ini sangat cepat dan juga berbisa.

4. Paus Pembunuh

(images: montereybaywhalewatch)
Pada tanggal 4 Oktober 1997 di lepas pantai California, Amerika Serikat, sekelompok pengamat paus telah merekam sebuah kejadian yang unik ketika paus pembunuh menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut. Paus pembunuh atau dikenal juga dengan sebutan Orca biasanya mencari mangsa secara bersamaan dalam suatu kelompok yang terdiri dari 100 ekor. Meskipun hewan ini sangat ganas, namun sangat bersahabat dengan manusia.

3. Salamander Lungless

(images: texafied)
Untuk memburu mangsanya, hewan yang tergolong keluarga salamander ini mengeluarkan lidah lengketnya dengan kecepatan 15 mil per jam. Sehingga sangat jarang, mangsa hewan ini bisa meloloskan diri jika sudah dekat dengan jenis salamander ini.

2. Belut Listrik

(images: drunkonblue)
Hewan yang sering ditemukan di Sungai Amazon ini memiliki kemampuan yang unik, yaitu mengeluarkan aliran listrik sekuat 650 volt untuk membunuh mangsanya. Tidak hanya digunakan untuk berburu, juga digunakan untuk membela diri dari serangan predator.

1. Paus Punggung Bungkuk

(images: redorbit)
Paus jenis ini memiliki kemampuan yang unik dalam hal menangkap mangsa. Paus ini menangkap mangsanya dengan cara mengelilingi kelompok ikan, kemudian meniupkan gelembung raksasa untuk menangkap ikan tersebut layaknya jaring nelayan. Setelah ikan tertangkap, ikan paus ini berenang ke atas dan membuka mulut lebar-lebar untuk memakan mangsanya hanya dalam satu kali tegukan.
Mau Info Bispak