10 Makhluk Laut Teraneh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kita semua tahu bahwa lautan lebih luas daripada daratan,  dan pastinya banyak spesies yang hidup di dalam lautan yang masih banyak menyimpan keanehan. Beberapa makhluk laut memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda, dan selalu ada makhluk laut yang memiliki keanehan-keanehan yang tidak biasanya. Dan berikut 10 makhluk laut teraneh di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.

10. Blobfish

(images: utaot)
Dilihat dari penampilannya saja mungkin Anda akan merasa aneh jika melihat blobfish, memiliki hidung besar, mulut seperti orang yang sedang sedih dan wajah yang aneh. Tidak heran, hewan ini disebut sebagai hewan paling buruk rupa di dunia dan yang paling anehnya lagi, relatif kurangnya otot pada tubuh hewan ini sehingga terlihat lembek. Jenis ikan ini tinggal di kedalaman antara 600-1.200 meter yang mendiami perairan dalam lepas pantai Australia dan Tasmania.

9. Axolotl

(images: spiegel)
Axolotl atau disebut juga salamander Meksiko merupakan makhluk laut yang bisa dibilang sangat aneh. Larva spesies ini tidak mengalami metamorfosis, sehingga axolotl dewasa tetap bersifat akuatik dan memiliki insang. Selain lucu, hewan ini juga sering digunakan dalam penelitian ilmiah karena mereka mampu meregenerasi anggota tuubh.

8. Frilled Shark

(images: fish-journal)
Kalau dalam bahasa Indonesia disebut juga hiu berjumbai yang merupakan makhluk aneh lainnya yang dikatakan sudah punah namun hidup kembali. Spesies ini sangat jarang ditemukan dan hidup di kedalaman 1.570 meter. Hewan ini bisa tumbuh sampai 2 meter dan memiliki tubuh seperti belut dengan sirip di punggungnya.

7. Ikan Sungut Ganda

(images: nationalgeographic)
Ikan ini juga dikenal dengan sebutan Anglerfish, Monkfish, Goosefish. Jenis ikan ini pada umumnya hidup di laut dalam. Hewan karnivora ini memiliki mulut besar dan antena di atas mulutnya yang berfungsi untuk menarik mangsa.

6. Monster Loch Ness

(images: nydailynews)
Dikenal juga dengan sebutan Nessie yang merupakan hewan misterius dan belum teridentifikasi keberadaanya. Nessie dikategorikan sebagai monster danau. Para ilmuan sudah menemukan bukti-bukti yang mendukung keberadaan Nesiie, namun masih belum cukup dan dianggap omong kosong. Namun banyak orang menganggap hewan ini benar-benar ada.

5. Dana Octopus Squid

(images: Wikipedia)
Hewan ini disebut juga Taningia danae atau kalau dalam bahasa Indonesia mungkin cumi gurita Dana. Pada tahun 2005, sebuah tim peneliti di Jepang behasil menemukan T.danae di perairan laut dalam Chichi-jima di Samudera Pasifik bagian utara. T.danae bisa memancarkan cahaya yang berfungsi untuk menyerang mangsanya.

4. Naga Laut Berdaun

(images: redbubble)
Naga laut berdaun atau dikenal juga dengan sebutan Leafy seadragon merupakan hewan yang masih termasuk jenis kuda laut. Hewan ini ditemukan di sepanjang pantai selatan dan barat Australia. Nama ini diambil dari penampilan hewan ini yang memiliki daun di sekitar tubuhnya yang berfungsi sebagai kamuflase.

3. Cowfish

(images: aqua.org)
Terkenal dengan tanduknya yang panjang yang menonjol dari depan kepala, cowfish terlihat seperti sapi atau banteng. Hewan ini merupakan omnivora yang dapat tumbuh hingga 20 inci. Cowfish sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaan.

2. Viperfish

(images: montereybayaquarium)
Viperfish adalah ikan air asin yang memiliki panjang seperti jarum gigi. Mereka bisa tumbuh dengan panjang 30 sampai 60 cm. Hewan ini hidup di kedalaman 250-5.000 kaki di perairan tropis dan subtropis. Viperfish memiliki sebuah organ penghasil cahaya atau disebut photophore yang terletak di ujung tulang punggungnya yang befungsi untuk menarik mangsanya. Selain itu organ cahaya ini berfungsi untuk berkomunikasi dengan calon pasangan dan saingannya.

1. Cumi Vampire

(images: nationalgeographic)
Dikenal juga dengan sebutan cumi vampire dari neraka, cumi vampire dapat tumbuh dengan panjang 30 cm. Keunikan hewan ini yaitu memiliki warna yang bervariasi antara hitam dan merah kepucatan. Memiliki mata yang menonjol dan bulat yang terlihat berwarna biru tergantung dari pencahayaan.
Mau Info Bispak