10 Negara Dengan Tingkat Penculikan Tertinggi

Kasus penculikan memang sering terjadi di beberapa tempat termasuk di Indonesia. Biasanya tindakan penculikan bertujuan untuk memeras seseorang agar tujuan si penculik bisa tercapai.

(images: listtoptens)
Dalam beberapa kasus, biasanya para penculik suka melakukan negoisasi dengan orang yang berhubungan dengan korbannya, biasanya meminta uang tebusan atau bisa juga untuk membantu si penculik untuk mencapai tujuannya. 

Tindak seperti ini sangat melanggar hukum dan tidak berperikemanusiaan. Di Indonesia sendiri kasus penculikan bisa dibilang masih rendah, namun di beberapa negara kasus penculikan sudah sangat sering terjadi. Dan berikut 10 negara dengan tingkat penculikan tertinggi.

10. Kolumbia

Tingkat penculikan di Kolumbia telah menurun selama beberapa tahun terakhir, tetapi kasus penculikan di negara ini masih dibilang sangat tinggi. Dalam dua tahun terakhir, lebih dari 500 kasus penculikan telah dilaporkan. Lebih dari 80% korban penculikan diberikan kepada pengedar narkoba.

9. Haiti

Haiti adalah salah satu negara dengan tingkat penculikan tertinggi. Kasus penculikan anak di Haiti sangat sering terjadi terutama pada tahun 2004-2006, tetapi sekarang kasus penculikan di negara ini sudah menurun secara signifikan yaitu sekitar 100 kasus penculikan per tahun. Namun Lembaga Keadilan dan Demokrasi di Haiti mengatakan bahwa tingkat kasus penculikan masih sangat tinggi.

8. Meksiko

Negara ini memiliki tingkat penculikan yang tinggi karena merupakan negara yang berbatasan dengan Amerika Serikat. Dewan Hukum dan HAM melaporkan 72 penculikan terjadi dalam sehari dan sangat mengkhawatirkan. Namun laporan ini bertentangan dengan pernyataan polisi federal Meksiko yang melaporkan 4-5 kasus penculikan setiap harinya. Pada tahun 2012, hampir 1.085 kasus penculikan terjadi hanya dalam waktu 6 bulan.

7. Venezuela

Tingkat tertinggi penculikan per kapita di temukan di Venezuela. 583 penculikan dicatat dalam 5 bulan pada tahun 2012. Penculikan di negara ini layaknya sebuah bisnis. Komisis Nasional Penanggulangan Penculikan di Venezuela menunjukan tingak penculikan tertinggi di seluruh negeri terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

6. India

Kasus penculikan di India meningkat sebesar 50% dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, turis, remaja, karyawan, semuanya memiliki ancaman menjadi korban penculikan. Sebagai negara dengan ekonomi yang terus berkembang dan banyak menarik perusahaan-perusahaan multinasional, kasus penculikan karyawan merupakan yang sering terjadi. Data statistik kasus penculikan di India sulit untuk didapatkan karena beberapa faktor.

5. Pakistan

Pakistan menjadi salah satu negara lainnya dengan tingkat penculikan tertinggi. Hal ini disebabkan oleh lemahnya hukum dan ketertiban di masyarakat. Alasan yang paling utama terus naiknya kasus penculikan yaitu lemahnya hukum dalam hal mendata penculikan sehingga terus mendorong kasus penculikan di negara ini. Dilaporkan lima kasus penculikan terjadi dalam sehari dan pada tahun 2012 hampir 2.054 penculikan terjadi di Pakistan.

4. Nigeria

Lebih dari 1.800 orang diculik dalam setahun sehingga membuat negara ini masuk dalam daftar negara dengan tingkat  penculikan tertinggi. Motif penculikan di negara ini tidak terlalu jelas dan penegakan hukum masih lemah sehingga mendorong meningkatnya kasus penculikan.

3. Irak

Data resmi kasus penculikan di Irak sulit untuk dikumpulkan, namun diperkirakan terjadi 1.700 kasus penculikan dalam setahun. Beberapa faktor lain pendorong meningkatnya kasus penculikan yaitu ada isu terorisme, politik dan kriminal.

2. Somalia

Kekerasan yang merajalela di negara ini menjadi faktor utama banyaknya kasus penculikan di Somalia. Penembakan, tawuran dan penculikan untuk tebusan sudah menjadi kebiasaan umum. Pemerintah seolah tidak bisa menghentikan kejahatan ini. Dan yang lebih buruknya lagi, orang-orang diculik kemudian dibunuh secara sadis.

1. Afganistan

Dilaporkan lebih dari 2.000 kasus penculikan terjadi di negara ini pada tahun lalu. Tingkat penculikan masih dibilang sangat tinggi, bahkan ketika perang berakhir, beberapa terosisme masih ada di negara ini. Sehingga dengan tindakan kejahatan di negara ini mendorong terjadinya kasus penculikan.
Mau Info Bispak