Tradisi Aneh Upacara Pernikahan Hantu di Cina

Pernikahan biasanya dilakukan antara pria dan wanita yang sama-sama masih hidup. Tapi di Cina ada sebuah tradisi aneh di mana pernikahan dilakukan antara orang yang masih hidup dan orang yang sudah meninggal.


Seperti dilansir KnowledgeNuts, selama ribuan tahun, orang-orang di Cina mempercayai jika seseorang meninggal sebelum menikah, ia akan menghantui kerabat-kerabat dekatnya. Untuk menenangkan ruhnya, maka dilakukanlah sebuah tradisi aneh yang disebut "pernikahan hantu," di mana calon pengantin akan dinikahkan dengan orang yang sudah meninggal tersebut. Namun sekarang, tradisi aneh ini sudah dilarang, karena ada kasus penjualan mayat wanita besar-besaran di pasar gelap.

Secara tradisional, upacara pernikahan hantu sama halnya dengan pernikahan biasa yang dilakukan oleh orang yang masih hidup, ada makan, minum, dan sebagainya. Terkadang, keluarga pengantin akan memberikan hadiah berupa uang tunai kepada keluarga pengantin hantu.

Beberapa upaya sudah dilakukan untuk menjauhkan Cina dari beberapa tradisi lama, dengan membuat pernikahan hantu jadi ilegal pada tahun 1949. Sebagian besar warga Cina mematuhi hukum tersebut.
Mau Info Bispak