10 Kata Bijak Nelson Mandela

Kepergian Nelson Mandela meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh orang di dunia terutama untuk Afrika Selatan. Meskipun Nelson Mandela sudah meninggal, kita harus meluangkan waktu untuk mempertimbangkan kata-kata bijak Nelson Mandela.

Nelson Mandela
Berikut 10 kata bijak terbaik Nelson Mandela seperti dilansir The South African.

10.  "Saya telah berjuang melawan dominasi kulit putih, dan saya terlah berjuang melawan dominasi kulit hitam. Saya mensyukuri prinsip ideal sebuah demokrasi dan kebebasan masyarakat di mana semua orang dapat hidup bersama secara harmonis dengan kesempatan yang sama. Itu merupakan hal ideal yang saya juga harapkan dan realisasikan. Tapi Tuhanku, jika perlu, itu merupakan hal ideal yang saya siapkan sebelum kematianku." (Pembelaan diri selama Persidangan Rivonia, 1964)

9. "Yang penting dalam hidup bukanlah fakta bahwa kita telah hidup. Itu merupakan perbedaan yang telah kita buat untuk kehidupan orang lain yang akan menentukan signifikansi dari kehidupan yang kita pimpin." (Perayaan ulang tahun ke-90 Walter Sisulu, 18 Mei 2002)

8. "Untuk menjadi bebas tidak hanya untuk mebuang rantai seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain." (Long Walk to Freedoom)

7. "Anda mempertajam ide-ide Anda dengan mengurangi diri sendiri ke tingkat orang-orang dengan rasa humor dan relaksasi lengkap, bahkan ketika Anda sedang membahas hal-hal serius, itu tidak akan membantu memobilisasi teman-teman di sekitar Anda. Dan saya suka itu." (Sebuah wawancara dengan Tim Couzens, 13 Agustus 2005)

6. "Saya dipanggil teroris kemarin, tapi ketika saya keluar dari penjara, banyak orang memeluk saya, termasuk musuh saya, dan itulah yang biasa saya beritahukan kepada orang lain yang mengatakan mereka berjuang untuk kebebasan di negara mereka adalah teroris. Saya memberitahu mereka bahwa saya juga kemarin adalah teroris, namun saat ini saya mengagumi orang-orang yang mengatakan saya merupakan salah satu." (Larry King Live, 16 Mei 2000)

5. "Tidak ada yang lahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, atau latar belakangnya, atau agamanya. Orang harus belajar, dan jika mereka dapat belajar untuk membenci, mereka dapat diajarkan untuk mencintai, karena cinta datang lebih alami ke jantung manusia daripada kebalikannya." (Long Walk to Freedom)

4. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia." (University of the Witwatersrand South Africa, 2003)

3. "Jika Anda ingin berdamai dengan musuh Anda, Anda harus bisa bekerja sama dengan musuh Anda. Kemudian dia akan menjadi mitra Anda." (Long Walk to Freedom)

2. "Kematian adalah salah satu yang tak terelakkan. Ketika seorang manusia yang telah melakukan apa yang ia anggap sebagai tugasnya untuk rakyat dan negerinya, dia bisa beristirahat dengan damai. Saya percaya saya telah mewujudkan upaya itu, oleh karena itu, kenapa saya akan tidur untuk selamanya." (Dari sebuah wawancara film dokumenter Mandela 1994)

1. "Orang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tapi dia yang bisa menaklukan rasa takut itu." (Long Walk to Freedom)
Mau Info Bispak