10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai memang memiliki banyak peranan penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu sebagai sumber air dan irigasi. Namun, sungai-sungai yang ada di Indonesia juga berfungsi sebagai jalur transportasi yang menghubungkan berbagai wilayah.

Dari sekian banyak sungai yang ada di Indonesia, beberapa sungai memiliki panjang yang mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer. Berikut 10 sungai terpanjang di Indonesia.

10. Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah (350 km)

(images: blogspot)
Terletak di  Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sungai Seruyan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang yang mencapai 350 km. Lebar sungai mencapai 300 meter dengan kedalaman rata-rata 6 meter.


9. Sungai Indragiri, Riau (500 km)

(images: panoramio)
Sungai Indragiri memiliki panjang sekitar 500 km. Aliran Sungai Indragiri berasal dari dua sungai yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar yang akhirnya menyatu dan menjadi Sungai Indragiri.

8. Sungai Digul, Papua (525 km)

(images: blogspot)
Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya yaitu Sungai Digul di Papua. Sungai ini membentang sepanjang 525 km yang mengalir dari pegunungan Maoke dan bermuara di Laut Arafuru. Tanah Merah merupakan sebuah areal yang terletak di tepi Sungai Digul yang memiliki fungsi sebagai tempat tahanan perang pada zaman penjajahan Belanda.

7. Bengawan Solo, Jawa Tengah (548,53 km)

(images: Wikipedia)
Bengawan Solo menjadi salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa sekaligus salah satu terpanjang di Indonesia.  Panjang sungai ini yaiut sekitar 548,53 km dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bengawan Solo memiliki dua hulu yaitu di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, yang selanjutnya bermuara di Gersik.

6. Sungai Mamberamo, Papua (670 km)

(images: kidensia)
Tidak hanya Sungai Digul, Papua juga memiliki sungai terpanjang lainnya yaitu Sungai Mamberamo. Terletak di Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Papua, sungai yang dikenal dengan julukan 'Amazonnya Papu' memiliki panjang sekitar 670 km. Julukan tersebut diberikan kepada sungai ini karena kaya akan keanekaragaman hayati.

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan (750 km)

(images: hondaroadventure)
Sungai yang terletak di Sumatera Selatan ini memiliki panjang 750 km. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Di sungai ini juga ada sebuah jembatan yang melintas di atas sungai dan menjadi ikon Kota Palembang yaitu Jembatan Ampera.

4. Batanghari, Sumatera Barat dan Jambi (800 km)

(images: wordpress)
Sungai Batanghari dikenal juga dengan sebutan Sungai Hari yang memiliki panjang sekitar 800 km. Mata air Batanghari berasal dari Gunung Rasan, dan aliran sungai bermuara di Muara Sebak. Aliran Sungai Batanghari dari hulu samapi ke muaranya menyimpan banyak catatan sejarah, salah satunya yang berkaitan dengan peradaban Melayu.

3. Sungai Barito, Kalimantan Selatan (909 km)

(images: pbase)
Kalimantan memang banyak menyimpan kekayaan alam salah satunya Sungai Barito yang terletak di Kalimantan Selatan. Sungai Barito menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang sekitar 909 km. Aliran sungai ini berasal dari Pegunungan Muler dan bermuara di Laut Jawa. Tidak hanya panjang, Sungai Barito juga memiliki lebar yang sangat luas yaitu sekitar 650 meter sama 800 meter. Tapi, dibagian muara Sungai Barito bisa mencapai 1.000 meter.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur (920 km)

(images: tripadvisor)
Lagi-lagi di Kalimantan, Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang ke-2 di Indonesia dengan panjang 920 km. Bagian hulu Sungai Mahakam berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan bagian mulut sungai berada di Selat Makassar. Sejak dulu hingga sekarang, Sungai Mahakam memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sekitarnya.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat (1.178 km)

(images: yptravel)
Inilah sungai terpanjang di Indonesia yang lagi-lagi berada di Kalimantan. Sungai Kapuas terletak di Kalimantan Barat ini memiliki panjang sekitar 1.178 km yang banyak menyimpan berbagai jenis ikan. Sekitar 700 jenis ikan, 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah hidup di sungai ini.
Mau Info Bispak