10 Roller Coaster Terpopuler di Dunia

Bagi mereka yang suka sesuatu yang ekstrim dan menyenangkan, menaiki roller coaster merupakan hal terbaik yang harus dicoba. Selain menyenangkan dan asyik, naik roller coaster bisa menjadi pengalaman yang sangat memicu adrenalin.

Di Indonesia saja ada banyak roller coaster yang tersebar di berbagai daerah, apalagi di seluruh dunia, mungkin jumlah nya bisa mencapai ribuan. Namun, dari sekian banyak wahana roller coaster yang ada di dunia hanya ada 10 roller coaster terpopuler di dunia.

Berikut 10 roller coaster terpopuler di dunia, seperti dilansir TheRichest.

10. Coney Island Cyclone - Coney Island, New York, AS


Coney Island Cyclone merupakan roller coaster tertua di Amerika yang dibangun pada tahun 1927. Hingga sekarang Coney Island Cyclone tetap menjadi salah satu roller coaster kayu terpopuler di dunia.

Baru-baru ini Coney Island Cyclone sudah dipulihkan dan dinyatakan sebagai tonggak batas di New York City yang banyak menarik minat wisatawan setiap tahunnya. Lintasan roller coaster itu sendiri memiliki tinggi 85 kaki dan bisa mencapai kecepatan hingga 60 mil per jam.

Tidak kalah dengan roller coaster yang modern, Coney Island Cyclone sudah cukup untuk membuat para penumpangnya merasakan hal yang menyenangkan dan menegangkan.

9. Dragon Khan - Salou, Spanyol


Terletak di taman Port Aventura di Spanyol, Dragon Khan berhasil menetapkan rekor dunia pada saat pembukaannya pada tahun 1995 yang memiliki 8 inversi. Rekor tersebut hanya bertahan sampai tahun 2002 ketika Colossus dibuka di Inggris.

Ketika taman Port Aventura dibuka, Dragon Khan menjadi salah satu dari dua roller coaster yang ada di taman tersebut. Lintasan Dragon Khan ini didasarkan pada kisah Pangeran Hu dari Beijing yang bereinkarnasi menjadi seekor naga, dan akan melepaskan amarahnya setiap kali manusia berani menaiki punggungnya.

8. Silver Star - Rust, Jerman


Terletak di Europa-Park di Rust, Jerman, Silver Star dibuka pada tahun 2002 yang dibangun oleh perusahaan asal Swiss, Bollinger & Mabillard. Europa-Park merupakan taman terbesar di Jerman dan taman hiburan paling populer kedua setelah Disneyland di Paris.

Silver Star memiliki tinggi 240 kaki dengan kecepatan yang bisa mencapai hingga 79 mil per jam. Selain itu, Silver Star dikalsifikasikan sebagai salah satu roller coaster paling ekstrim di dunia. Silver Star terlihat sangat cantik dan menarik akan karya seni dan juga disponsori oleh Mercedes Benz.

7. Dodonpa - Fujiyoshida, Yamanashi, Jepang



Dodonpa terletak di Gunung Fuji, tepatnya di Fuji-Q Highland Amusement Park di Jepang. Dodonpa merupakan salah satu dari dua roller coaster di dunia yang menggunakan tekanan udara untuk meluncurkan roller coaster tersebut.

Dibuka pada tahun 2001, Dodonpa berhasil mendapatkan gelar sebagai roller coaster tercepat serta rekor akselerasi tercepat. Hingga sekarang, Dodonpa menjadi roller caoster tercepat keempat di dunia. Untuk yang ingin memicu adrenalin dengan kecepatan, menaiki Dodonpa merupakan ide yang bagus.

6. Leviathan - Vaughan, Ontario, Kanada


Leviathan saat ini menjadi roller coaster tertinggi dan tercepat di Kanada yang terletak di Canada's Wonderland. Dibuka pada tahun 2012 dan merupakan roller coaster yang dibangun oleh perusahaan Bollinger & Mabillard.

Saking populernya di masyarakat, maka Canada's Wonderland meluncurkan lelang untuk 96 orang pertama yang ingin naik Leviathan. Lelang tersebut berhasil mengumpulkan US$ 40,000 yang digunakan untuk amal, di mana tawaran tertinggi untuk satu kursi yaitu untuk US$ 1,000.

Lintasan Leviathan memiliki panjang 5.486 kaki (1.672 meter) dengan ketinggian 206 kaki dan memiliki kecepatan hingga 92 mil per jam yang menjadikannya salah satu dari 10 roller coaster tercepat di dunia.

5. Tower  of Terror II - Queensland, Australia


Dibuka pada tahun 1997 di Dreamworld, Tower of Terror II merupakan roller coaster pertama yang mencapai kecepatan hingga 100 mil per jam.

Pada awalnya dikenal dengan nama Tower of Terror tapi ditutup dan kemudian dibuka lagi pada tahun 2010 dengan nama yang baru. Tower of Terror II menggunakan mobil untuk meluncur dan mungkin saja bisa membuat penumpangnya berteriak.

4. Millennium Force - Sandusky, Ohio, AS


Terletak di Cedar Point di Sandusky, Ohio, Millennium Force merupakan salah satu dari sepuluh roller coaster di AS yang telah menjadi salah satu yang paling populer di dunia sejak diluncurkan pada tahun 2010.

Kecepatannya bisa mencapai 93 mil per jam, tapi itu tidak terlalu mengejutkan karena Cedar Point dikenal memiliki jangkauan roller coaster yang ekstra cepat. Millennium Force digunakan sebagai latar belakang pada saat pertunjukan malam hari yang disebut "Luminosity - Ignite the Night".

Millennium Force menggunakan sistem pengereman magnetik yang lebih bagus daripada pengereman dengan cara gesekan. Dan juga merupakan roller coaster dengan sirkuit tertinggi di dunia.

3. Steel Dragon 2000 - Prefektur Mie, Jepang


Steel Dragon 2000 menawarkan salah satu lintasan terpanjang di dunia yaitu lebih dari 8.000 kaki dengan kecepatan 95 mil per jam. Terletak di Nagashima Spa Land di Jepang, roller coaster ini dinamai setelah tahun naga Cina.

Biaya membangun Steel Dragon 2000 menghabiskan sekitar US$ 50 juta (Rp 609 miliar) karena baja yang diperlukan untuk membuat lintasan yang aman terhadap gempa.

Steel Dragon 2000 memakan waktu yang cukup lama untuk pendakian pertama, namun para penumpang akan mengalami pengalaman yang sangat mendebarkan setelah turun dengan kecepatan yang sangat tinggi.

2. Kingda Ka - Jackson, New Jersey, AS


Kingda Ka terletak di Six Flags Great Adventure di Taman Jackson, New Jersey, dan memegang rekor dunia dengan lintasan baja tertinggi di dunia. Roller coaster ini dibuka pada tahun 2005 yang terus menarik banyak orang yang ingin mencari sensasi ekstrim.

Kingda Ka saat ini merupakan roller coaster tertinggi dan tercepat kedua di dunia, sehingga tidak mengherankan bahwa roller coaster ini merupakan salah satu yang paling populer di dunia.

1. Formula Rossa - Abu Dhabi, Uni Emirat Arab


Dibuka pada tahun 2010 di Ferrari World di Abu Dhabi, Formula Rossa saat ini memegang rekor roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan 150 mil per jam. Dengan catatan rekor ini, Formula Rossa banyak menarik para penggemar roller coaster di seluruh dunia.

Formula Rossa menggunakan peluncuran hidrolik, hanya memerlukan 5 detik untuk mencapai kecepatan dari 0 samapai 150 mil per jam. Roller coaster itu sendiri diilhami dari sirkuit Autodromo Nazionale Monza.

Saking cepatnya para pengendara diberikan kacamata pelindung, seperti saat sedang bermain sky.
Mau Info Bispak