7 Hal yang Anda Perlu Ketahui Tentang Air Mata


Air mata tak selalu identik dengan kesedihan, walau memang sebagian besar penyebab keluarnya air mata adalah karena tangisan. Fungsi dari air mata sendiri sebenarnya untuk melembabkan mata, dan mencegah infeksi serta menjaga kesehatan mata.

Manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang dapat mengeluarkan air mata, sebab faktanya, hewan pun ada yang mengeluarkan air mata. Nah berikut 7 hal yang perlu Anda ketahui mengenai air mata, seperti dilansir oleh laman Huffingtonpost.

  1. Komposisi air mata. Komposisi dari air mata atau zat penyusun air mata dikatakan mirip dengan air liur. Ada protein, garam, serta hormon. Namun secara fisik tampilannya berbeda, demikian juga rasa dan baunya. Unik sekali, ya?
  2. Wanita lebih sering mengeluarkan airmata. Ini karena wanita menangis lebih sering ketimbang pria. Rata-rata 5 kali dalam 1 bulan wanita mengeluarkan air mata, sedang pria hanya 1-2 kali saja. Waktu yang dibutuhkan wanita untuk menangis juga lebih lama ketimbang pria.
  3. Kelenjar air mata wanita lebih besar. Kelenjar air mata di mata wanita lebih besar, sehingga secara biologis memang berbeda dengan pria.
  4. Ingus juga mengalir saat menangis? Saat menangis kebanyakan ingus juga mengalir lewat hidung. Ini sebenarnya adalah limpahan dari kelenjar air mata yang produksi berlebih saat menangis, dan mengalir ke lubang hidung. Jadi bukan ingus, tapi air mata juga.
  5. Saat mengiris bawang? Ada zat kimia dalam bawang yang menguap dan terkena kelenjar mata, sehingga membuat kelenjar lacrimal memproduksi air mata. Ini yang menyebabkan banyak orang mengeluarkan air mata saat mengiris bawang.
  6. Buaya juga menangis. Air mata buaya biasanya diidentikkan dengan air mata pura-pura, padahal faktanya, buaya juga sebenarnya bisa mengeluarkan air mata. Fungsi air mata pada buaya adalah menjaga kesehatan matanya.
  7. Bisa mempengaruhi orang lain. Saat seseorang melihat orang lain menangis, maka itu dapat mempengaruhi kondisi mental mereka juga. Pada pria yang melihat wanita menangis, maka kadar testosteronnya akan menurun, menurut sebuah penelitian. Itu yang menyebabkan mereka sebal jika ada wanita menangis.

Mau Info Bispak