Unik, Bukit Di Amerika Ini Jadi Pelangi !

Dunia Unik - Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang bisa dilihat di langit. Mirip dengan itu, ada bukit warna-warni yang bergaris seperti pelangi di AS. Inilah Painted Hills di Oregon yang menggoda mata.

Apa Anda ingat dengan bukit pelangi yang ada di China? Serupa dengan itu, Painted Hills di AS adalah sebuah fenomena alam yang terbentuk jutaan tahun lalu yang memiliki warna-warni spektakuler.

Unik, Bukit Di Amerika Ini Jadi Pelangi !

Seperti dilansir Amusing Planet, Senin, (10/3/2014) Painted Hills adalah salah satu dari tiga bukit yang berada di Monumen Nasional John Day Fossil Beds di Wheeler County, Oregon, AS. Fenomena alam tersebut terjadi karena perubahan geologi dan membentuk gundukan bukit berlapis bermacam-macam warna bagai pelangi. Cantiknya bukan main!

Coretan garis warna-warni yang menempel di bukit tersebut mengandung banyak tumpukan tanah liat yang terbentuk lebih dari 35 juta tahun lamanya. Tak cuma itu, bukit pelangi tersebut juga menyimpan abu vulkanik dari letusan gunung berapi jutaan tahun lalu.

Unik, Bukit Di Amerika Ini Jadi Pelangi !


Lama-kelamaan lapisan tersebut kaya mineral yang memadat sendiri dan membentuklah aneka warna yang bisa dinikmati wisatawan. Keren!

Terlihatlah gundukan pasir yang berwarna cokelat keemasan, dengan guratan warna merah, oranye, hitam dan sedikit warna putih dan abu-abu. Warna-warna indah tersebut muncul secara alami, tanpa ada campur tangan manusia.

Tanah hitam berasal dari batu bara yang ditumbuhi tanaman vegetasi di sekeliling daerah banjir. Warna abu-abu berasal dari batu lumpur, batu lanau dan serpihan. Warna merah dan oranye berasal dari tanah laterit yang dibentuk dari endapan dataran banjir yang saat itu keadaannya hangat dan lembab.

Unik, Bukit Di Amerika Ini Jadi Pelangi !


Tak menutup kemungkinan warna-warna tersebut bisa bergeser sendiri saat musim berganti dan bergantung dengan cuaca. Painted Hills ini dibuka sepanjang tahun, tapi ada waktu terbaik jika ingin melihat penampakan 'pelangi' yang jatuh ke bukit tersebut.

Ada baiknya wisatawan menginjak bukit itu saat seletah hujan badai turun, sekitar April sampai Mei. Warna-warna cantik yang muncul di bukit tersebut begitu memikat mata. Di samping itu banyak fotografer dan seniman yang memanfaatkan lanskap ini sebagai objek bidikan mereka.


Saat musim salju tiba, bukit pelangi ini juga terlihat cantik. Butiran salju ikut menempel di antara warna-warna yang abadi. Ada banyak jalan petunjuk yang mudah diikuti untuk sampai ke bukit tersebut. Di sana juga sudah tersedia fasilitas lengkap seperti area piknik dan diberikan info penjelasan soal perubahan geologi yang terjadi di area ini.(detik)

Mau Info Bispak